by

10 Keluhan yang Sering di Alami Oleh Ibu Hamil

Hamil merupakan momen yang menyenangkan bagi wanita. Namun beberapa ibu mengeluhkan masalah yang membuat dirinya tidak nyaman di masa kehamilan, terutama saat hamil muda. Masalah ini mungkin berbeda  bahkan ada beberapa di setiap  wanita yang mungkin tidak mengalami keluhan ini sama sekali. Apa saja hal  yang sering dikeluhkan  saat ibu hamil muda, sebagai berikut penjelasannya:

Keluhan yang Sering di Alami Oleh Ibu Hamil

1. Gejala Mual dan Muntah di Pagi Hari

Ibu hamil muda yang sering mengalami gejala mual dan muntah pada pagi hari, bisanya terjadi pada di tiga bulan pertama kehamilan, kondisi ini membuat ibu hamil muda sering merasa ingin mual dan muntah. Akibatnya ibu hamil jadi kesulitan untuk makan walaupun dinamakan gejala mual muntah pada pagi hari saja, tapi kondisi ini tidak selamanya terjadi di pagi hari yang di sebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan.

Ada Beberapa Faktor Yang dapat Menyebabkan Gejala Mual Dan Muntah  di Pagi Hari Pada Ibu Hamil:

  • Meningkatnya kadar hormon estrogen, biasnya terjadi saat wanita hamil muda dan dapat menyebabkan mual dan muntah
  • Kekurangan zat gizi, seperti kekurangan vitamin B6
  • Meningkatkan kadar hormone human chorionic gonadotrophin(Hgc) yaitu hormon yang mulai di produksi setelah konsepsi atau pembuahan
  • Masalah pencernaan, progesterone seperti kekurangan vitamin B6 membantu menyiapkan dan melindungi uterus selama kehamilan. Karena produksi hormon progesteron meningkat pergerakan usus kecil, esophagus, dan perut menurun dan menyebabkan mual. Menurunnya pergerakan ini  terjadi karena dinding otot rileksasi.

Faktor Resiko Yang Dapat Memicu Terjadinya Gejala Mual dan Muntah di Pagi Hari Pada Ibu Hamil:

  • Mual dan muntah sebelum kehamilan
  • Mempunyai riwayat mabuk dara saat bepergian atau berkendara
  • Mempunyai riwayat keluarga mual dan muntah selama hamil muda atau kehamilan
  • Obesitas
  • Mempunyai riwayat saat menggunakan alat kontrasepsi
  • Kehamilan kembar
  • Kehamilan pertama

2. Sembelit

Di masa kehamilan, biasanya anda mengalami sembelit, yaitu ketika pergerakan usus mengalami kesulitan untuk mengeluarkan kotoran. Keluhan ini bias di sebabkan oleh perubahan hormon atau juga disebabkan diet anda yang kurang makan  berserat. Jika sembelit tidak segera di obati, maka dapat menyebabkan berkembangnya wasir alias ambeien, yaitu bengkaknya pembuluh darah disekitar anus.

3. Kram

Kram pada kaki yang biasanya terjadi pada malam hari mungkin menjadi keluhan umum pada beberapa ibu hamil selama trimester kedua. Kram mungkin di sebabkan oleh beban tambahan yang dibawa  ibu saat kehamilan yang membuat otot menjadi tegang.

4. Pembengkakan

Ibu hamil juga sering mengalami pembengkakan yang umumnya terjadi di bagian tangan , kaki, dan jari. Hal ini disebabkan karena tubuh anda mengandung lebih banyak cairan saat hamil. Saat cuaca panas atau anda terlalu banyak berdiri, cairan tubuh akan lebih banyak berkumpul pada bagian terendah dari tubuh.

5. Sakit Pinggang

Selama kehamilan, ligament yang menghubungkan tulang dengan tulang menjadi lunak dan meregang untuk mempersiapkan tubuh melakukan persalinan. Ditempatkan  pada sendi punggung dan pinggul sehingga menyebabkan sakit punggung.

6. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan keluhan yang paling umum terjadi pada ibu hamil, sakit kepala saat hamil sering disebkan oleh hormone biasnya terjadi saat anda hamil muda dan akan berkurang pada 6 bulan terakhir saat kehamilan. Sakit kepala saat hamil memang tidak akan menyakiti bayi anda, tetapi membuat anda tidak merasa nyaman.

7 .  Sering Buang Air Kecil

Bisanya terjadi saat anda hamil muda sekitar usia 12-14 minggu pertama kehamilan. Setelah itu biasanya frekuensi buang air kecil ibu hamil akan normal kembali. Selanjutnya pada akhir masa kehamilan  frekuensi buang air kecil yang  lebih sering dapat di alami oleh ibu hamil hal ini disebabkan oleh kepal bayi yang menekan kandung kemih anda.

8 .  Keputihan

 Keputihan dapat terjadi selama kehamilan dan hampir semua ibu hamil mengalami hal ini. Keputihan meningkat selama kehamilan karena untuk melindungi vagina dari Rahim dan infeksi selama kehamilan, serviks atau leher Rahim dan dinding vagina menjadi lebih lembut.

9 .  Gangguan Pencernaan

Umum dialami oleh ibu hamil, gangguan pencernaan atau dikenal sebagai dispensia disebabkan oleh perubahan hormon, dan pada akhir kehamilan juga disebabkan oleh uterius yang terus berkembang sehingga menekan perut anda.

10 . Terasa Lemah Dan Ingin Pingsan

Ibu hamil sering sering merasa lemah dan hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan terutama saat hamil muda, pingsan dapat terjadi ketika otak tidak dapat cukup aliran darah sehingga otak mengalami kekurangan oksigen, penglihatan anda akan kabur jika beranjak dari posisi duduk atau posisi tidur terlalu cepat.

Itulah sekilas tentang Keluhan yang sering  dialami oleh Ibu Hamil semoga bermanfaat untuk anda. Dan jika Anda mau Order Buku Tips Hamil Klik Disini.

Comment

News Feed