by

8 Cara Mencuci Mobil agar Mengkilap seperti Baru

Sama seperti manusia. Untuk bisa selalu tampil menawan, tentu memerlukan perawatan rutin. Mulai dari mandi minimal 2 kali sehari, luluran, menerapkan pola hidup sehat, diet, dan sebagainya. Sedangkan untuk mobil, lebih sederhana. Salah satunya perlu menerapkan 8 cara mencuci mobil ini agar senantiasa mengkilap seakan baru. Biarpun belinya 5 tahun lalu.

Begini 8 Cara Mencuci Mobil dengan Benar

  1. Posisikan Mobil di Tempat Teduh

Cara ini bertujuan agar body mobil tidak langsung terkena atau terpapar oleh cahaya matahari. Sebab, cahaya matahari acapkali mudah membuat warna cat aslinya mengelupas. Setelah itu, cuci dengan menggunakan sabun khusus hingga selesai. Pastikan setiap bagiannya tercuci. Mulai dari bagian luar, dalam, hingga karet wiper-nya juga.

  1. Bersihkan Debu yang Menempel dengan Bulu Ayam

Terdengar absurd, ya. Sebetulnya tidak. Sebab, jika menggunakan lap berbahan keras, nanti akan menggores bagian cat mobil. Alih-alih mencuci mobil agar tampak seperti baru, justru tampak seperti baru diserempet mobil lain. Setelah debu hilang, baru lap menggunakan lap khusus seperti kanebo atau yang berbahan lembut.

  1. Jangan Lupa Maksimalkan Pembersihan Bagian Dalam

Bagian interior merupakan titik vital yang bisa memastikan para penumpang nyaman saat duduk atau tidak. Mulai dari bagian kaca, jok mobil, sampai dengan bagian lain. Memang perlu waktu lama untuk membersihkannya. Bila ada sampah berupa plastik atau sisa makanan, segera cuci. Biar tidak membusuk di dalam dan akhirnya mengundang bakteri.

  1. Siram Body Mobil Pakai Air Bersih

Pastikan kekuatan siraman airnya tidak terlalu kencang maupun tidak terlalu lambat. Secukupnya saja atau sesuaikan dengan kebutuhan. Bila ada debu yang agak membandel, baru kencangkan siramannya. Fungsi air bersih di sini untuk menjaga mobil agar tetap aman dari berbagai bakteri atau kuman pembawa penyakit. Setidaknya bisa mengurangi.

  1. Cuci Bagian-Bagian Mobil secara Bertahap

Cara mencuci mobil itu perlu menggunakan teknik khusus. Jadi, tidak sembarangan saat mencuci setiap bagiannya. Hal ini dilakukan agar bisa menjaga keadaan mobil dari beragam kotoran yang mungkin masih tertinggal. Misalnya Anda mulai mencuci dari bagian depan. Maka jangan langsung ke belakang, tapi sebaiknya lakukan secara memutar agar maksimal.

  1. Bersihkan Kembali Body yang Bersabun dengan Air Bersih

Kira-kira, untuk membersihkan mobil secara keseluruhan itu perlu 3 tahapan penyiraman dengan air bersih. Jadi, mesti siap-siap dulu dengan stok air bersih di rumah. Jangan sampai kehabisan. Soalnya kebutuhan dapur, mandi, dan lainnya kan masih perlu dipenuhi juga.

  1. Usahakan untuk Menyemir Ban

Tujuannya tidak hanya sekadar mengkilap, kan? Kalau mau terlihat selalu baru, rajin-rajinlah menyemir ban. Soalnya, ban yang sering dipakai itu warnanya gampang pudar. Apalagi jika sehari-hari melewati jalanan sulit nan kotor. Misal di daerah perkampungan yang belum diaspal maupun dipasangi rabat beton. Jangan lupa semir bagian dalam mobil juga.

  1. Pakai Parfum agar Terasa Wangi dan Segar

Siapa pun penumpangnya, pasti menginginkan mobil selalu bersih dan wangi. Jadi, saat naik dan jalan-jalan, bisa menikmati setiap keadaan. Sama halnya ketika Anda berdekatan dengan pasangan yang wangi. Pasti ada kesan menyenangkan sekaligus menenangkan hati. Begitu pula ketika seseorang naik mobil yang bersih dan wangi. Pakai aroma alami saja, ya.

Mobil baru selalu terkesan wangi, bersih, serta mengkilap. Meski mobil Anda sudah berumur lebih dari 3 tahun, tetap bisa berpenampilan layaknya mobil baru. Salah satunya dengan menerapkan ke-8 cara mencuci mobil di atas. Kalau sudah terampil, tidak perlu waktu lama kok. Bisa pula dengan minta tolong ke laundry mobil untuk mencucikan mobil Anda jika sibuk.

Comment

News Feed