by

8 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Cepat Tanpa Efek Samping

Pernahkah saat kumpul bareng teman, tiba-tiba tercium bau kaki menyengat? Ironisnya, bau tersebut menguar dari dalam sepatu Anda. Pasti rasanya malu, risih, dan canggung. Penyebabnya macam-macam. Misal karena efek kurang jaga kebersihan dan stres berlebihan. Berikut 8 cara menghilangkan bau kaki secara cepat dan aman.

8 cara menghilangkan bau kaki

  1. Selalu Pakai Kaus Kaki dan Sepatu dalam Keadaan Kering

Pada dasarnya, kaki itu sama dengan bagian tubuh lain. Saat bersinggungan dengan tempat lembap, maka berpengaruh terhadap tekstur dan baunya. Tidak heran ketika kaki yang berada dalam kaus dan sepatu basah akan timbul bau tak sedap. Untuk itu, sebelum berangkat kerja atau ke sekolah atau sekadar nongkrong, pastikan sepatu dan kaus kaki Anda kering.

  1. Hindari Makanan yang Menyebabkan Bau Kaki

Umumnya, jenis makanan ini tidak jauh berbeda dengan hal-hal yang berkaitan dengan daging atau barang berbau menyengat. Misalnya makanan cepat saji, alkohol, daging merah, serta rempah-rempah. Boleh makan, tapi jangan banyak-banyak. Cukup seperlunya saja. Kalau bisa justru hindari sesegera mungkin sebelum baunya kian menyengat.

  1. Sebisa Mungkin Cuci Kaki sebelum Pakai Sepatu

Untuk cuci kaki kan tidak perlu waktu lama. Paling hanya beberapa detik saja. Cuma, sebelum pakai mesti dikeringkan dulu. Minimal diangin-anginkan. Sambil menunggu kering, kan bisa disambi dengan memakan camilan. Setelah itu, baru memakai sepatu dan kaus kaki biar tidak ikut basah. Selain itu, kaki pun terasa lebih nyaman saat berjalan-jalan.

  1. Jemurlah Sepatu di Bawah Sinar Matahari

Apakah tidak cukup hanya dengan diangin-anginkan? Betul. Belum cukup. Sebab, selain perlu waktu lama, kondisi udara yang lembap bisa membuat bau sepatu tidak kunjung hilang. Sedangkan sinar matahari tidak hanya mengeringkan sepatu, tetapi bisa membantu mengangkat baunya. Termasuk bau kaki Anda yang barangkali masih mengendap di sana.

  1. Masukkan Arang ke dalam Sepatu

Wah, apa tidak bikin hitam tuh sepatu? Tidak juga. Justru ini cara menghilangkan bau kaki yang sangat efektif. Khususnya yang masih tertinggal di dalam sepatu. Sudah lama sekali kalau arang diyakini bisa menyerap bau tak sedap dalam sepatu. Lakukan cara ini setiap kali selesai memakai sepatu. Lalu biarkan arang itu ada di sana semalaman.

  1. Teratur Mengganti Kaus Kaki

Kalau kaki Anda selama ini sering mengeluarkan bau tak sedap, masih bisa diatasi. Caranya dengan rajin-rajin mengganti kaus kaki. Kalau punya cukup banyak stok kaus kaki di rumah tentu bagus sekali. Secara perlahan, bau tak sedap itu bisa hilang seiring dengan pergantian kaus kaki secara berkala. Keluar modal sedikit tak apa, kan?

  1. Potong Kuku Kaki secara Berkala

Kadangkala bau kaki tidak berasal murni dari sekujur kaki. Bisa jadi disebabkan oleh kotoran di sela-sela kuku kaki. Untuk itu, usahakan jangan terlalu panjang, ya. Potong secara berkala untuk menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap pada kaki. Tidak mau kan kalau bau kaki tetap bersarang di kaki dalam waktu lama?

  1. Pakai Sabun Mint

Biasanya, mint itu dipakai untuk menyegarkan mulut. Tapi, rupanya sabun mint juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau kaki. Caranya dengan rutin mencuci kaki menggunakan sabun mint. Setelah itu, pasti bau kaki Anda akan menghilang dengan sendirinya. Biarpun tidak cepat, setidaknya sangat efektif.

Itulah 8 cara menghilangkan bau kaki yang sangat efektif dan mudah diterapkan. Praktikkan juga pada si kecil. Maklum, si kecil kan biasanya cuek kalau sudah menyangkut kebersihan dirinya sendiri. Bawaannya main-main terus sampai lupa waktu. Tahu-tahu saat pakai sepatu, tercium bau tak sedap.

Comment

News Feed