by

Apakah Olahraga Diperbolehkan Untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil yang sehat akan mendapatkan pula janin yang sehat sejak dalam kandungan. Ketika tubuh sang ibu sakit, maka sang janin juga akan merasakannya sehingga berdampak pada kesehatan tubuhnya saat telah terlahir nanti.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, ada berbagai cara yang bisa dilakukan mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin memperhatikan Pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil sampai berolahraga. Tapi olahraga yang dijalani ibu hamil tentu tidak boleh sembarangan karena berpengaruh terhadap kesehatan sang janin. Lantas, Gerakan olahraga seperti apakah yang dianjurkan untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa diantaranya.

Jalan Kaki

Meski sedang hamil, bukan berarti Anda dilarang untuk melakukan olahraga kardio atau yang membutuhkan aktivitas fisik. Sebab, Anda tetap bisa melakukan Gerakan jalan kaki untuk berolahraga secara ringan selama masa kehamilan. Selain itu, olahraga jalan kaki juga sangat dianjurkan untuk Anda yang tengah hamil tua agar dapat membantu proses persalinan nantinya.

Berjalan kaki bisa membantu proses persalinan karena terbukti dapat membantu mendorong kontraksi secara alami. Selain itu, berjalan kaki saat menjelang proses persalinan juga bisa membantu bayi agar berada di posisi yang tepat untuk keluar ketika persalinan tiba. Jadi, potensi untuk melakukan persalinan secara normal bisa terbuka lebar jika Anda melakukan olahraga yang satu ini.

Lunges

Posisi lunges sepintas terlihat seperti saat Anda tengah melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Gerakan ini tidak hanya membantu agar otot jadi panas melainkan juga bisa menjadi Gerakan yang tepat untuk ibu hamil. Gerakan lunges berguna untuk membantu sendi Rahim agar tidak menjadi bengkok setelah persalinan serta membantu membentuk tubuh agar lebih mudah ketika menjalani persalinan.

Untuk melakukan posisi lunges, caranya cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan berdiri dan menghadap ke depan. Setelah itu, tempatkan satu kaki di depan dan tekuk lutut serta biarkan kaki belakang dalam posisi memanjang. Pastikan posisi punggung tetap tegak dan jika terlalu sulit, Anda bisa mencoba meminta tolong pada orang terdekat. Tahan posisi lunges selama 30 detik dan ulangi sebanyak 3-5 kali sehari agar posisi tubuh jadi sempurna sebelum persalinan tiba.

Itulah dua Gerakan olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Disamping menjaga kesehatan tubuh, ibu hamil juga perlu rutin membaca info kesehatan agar literasi kesehatannya bisa semakin baik dan juga beli obat online dari goapotik untuk berjaga-jaga.

News Feed