by

Berapa Lama Waktu Implementasi Software Akuntansi?

Software akuntansi merupakan investasi terbaik bagi bisnis Anda untuk menghadapi persaingan di era industri serba internet. Namun pertanyaannya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan software akuntansi.

Durasi implementasi yang dimaksud adalah proses migrasi dari data pada sistem akuntansi yang lama ke software akuntansi.

Tidak seperti memindahkan data dari komputer ke flashdisk atau flashdisk ke flashdisk, data sistem akuntansi merupakan data yang sangat penting dan terintegrasi dengan aktivitas langsung, sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan proses migrasi data.

Selain proses migrasi, ada juga proses pelatihan atau internalisasi sistem akuntansi baru. Sistem baru memerlukan pemahaman yang baru sehingga dibutuhkan proses adaptasi dan juga internalisasi.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi durasi implementasi software akuntansi. Pertama adalah jumlah pengguna dan data transaksi, kedua adalah pilihan layanan, dan terakhir adalah paket pilihan yang dibeli.

Berikut penjelasan ketiga faktor tersebut yang mempengaruhi berapa lama proses implementasi dari sistem lama ke aplikasi keuangan.

Jumlah Pengguna dan Data Transaksi

Umumnya, proses implementasi sistem berlangsung satu bulan hingga tiga bulan. Salah satu faktor yang mempengaruhi waktu implementasi adalah jumlah pengguna atau data transaksi pada perusahaan.

Jumlah pengguna biasanya tergantung dengan skala perusahaan. Misalnya jika bentuk perusahaan Anda industri besar atau menengah, dimana penggunanya terdiri dari beberapa divisi yang pada tiap divisinya memiliki transaksi keuangan.

Berbeda dengan pengusaha kecil dimana pengelolaan keuangan dioperasikan oleh pemilik usahanya.

Semakin banyak jumlah penggunanya, semakin banyak juga data transaksi yang tercatat pada sistem aplikasi akuntansi perusahaan. Hal ini juga disebabkan karena banyaknya produksi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Data pengguna dan jumlah akun perusahaan yang banyak pada perusahaan berskala besar biasanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua bulan untuk melakukan proses implementasi.

Sedangkan jika perusahaan Anda adalah usaha kecil, maka proses implantasi bisa berlangsung selama satu bulan.

Pilihan Layanan: Cloud atau On-Premise?

Faktor kedua adalah pilihan layanan sistem atau software accounting; apakah cloud atau on-premise. 

Keduanya jelas berbeda. Mulai dari infrastruktur, layanan, dan juga sistem yang dibangun berbeda.

Software akuntansi cloud adalah software yang dimana data disimpan dan diakses menggunakan jaringan internet dan tersimpan dalam penyimpanan komputasi cloud.

Data pun diolah secara otomatis oleh sistem komputasi cloud tadi sehingga pengguna hanya cukup mempelajari cara penggunaan melalui user interface (sistem antarmuka)

Berbeda dengan cloud, software akuntansi on-premise dimana seluruh infrastruktur dikelola oleh perusahaan yang menggunakan software tersebut.

Mulai dari penggunanya, proses maintenance, pembangunan server, dan juga penyewaan perangkat kerasnya (hardware)

Jika dilihat dari perbedaan keduanya, jelas software akuntansi berbasis cloud lebih ringkas dan cepat dibanding on-premise.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan software akuntansi berbasis cloud pun juga cepat; sekitar satu bulan.

Sedangkan software akuntansi on-premise bisa membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan untuk proses implementasinya.

Hal tersebut juga menyebabkan kenapa banyak perusahaan memilih untuk menggunakan software akuntansi berbasis cloud.

Pilihan Paket

Hal ini berkaitan dengan fitur apa yang akan Anda beli dari software akuntansi. Biasanya, penyedia software akuntansi menawarkan tiga pilihan; skala mikro. Skala kecil dan menengah, dan juga skala industri.

Masing-masing fitur memiliki harga dan fitur yang berbeda sesuai dengan skala kebutuhan perusahaan.

Alasannya kenapa pilihan paket mempengaruhi durasi implementasi software akuntansi adalah mempelajari dan beradaptasi dengan fitur.

Fitur software akuntansi skala mikro biasanya memiliki fitur standar dan mudah dipelajari, sedangkan fitur industri memiliki fitur yang kompleks dan membutuhkan waktu adaptasi yang lama.

Jurnal, Software Akuntansi yang Siap Membimbing Anda Hingga Proses Implementasi

Anda bisa mengandalkan software accounting Jurnal sebagai tools atau mitra bisnis Anda dalam mengelola keuangan.

Jurnal memiliki fitur yang terbilang lengkap guna memenuhi beragam industri dan skala usaha.

Anda bisa menyusun laporan keuangan, pencatatan transaksi, penjualan dan pembelian, manajemen aset, manajemen stok barang, hingga rekonsiliasi bank.

Selain itu, Jurnal juga memiliki customer support 24 jam yang siap membimbing migrasi dan implementasi software akuntansi berupa pelatihan dan red desk jika terjadi kesalahan atau error dalam pengoperasiannya.

Dapatkan mudahnya kelola keuangan bisnis dengan mengunduh accounting software Jurnal.

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed