by

Biaya Memakamkan Jenazah Positif Corona Di Firdaus Memorial Park

Saat ini, seluruh dunia sedang diuji dengan hadirnya virus Covid-19. Kasus yang terus bertambah setiap harinya, dan belum adanya obat untuk mengatasinya membuat virus ini sulit untuk dikendalikan. Tentunya berbagai kebijakan telah diupayakan agar dapat mengurangi jumlah kasus.

Selain jumlah kasus yang meningkat, duka juga menyelimuti sanak keluarga dari pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19. Belum lagi ketika harus dihadapkan dengan pemakaman yang berbeda dengan proses pemakaman pada umumnya. Hal itu, membuat persiapan untuk pemakanan khusus diperlukan.

Apa itu Firdaus Memorial Park?

Kamu tentu pernah mendengar tentang San Diego Hills bukan? Ya, Firdaus memorial park  juga tidak jauh berbeda. Firdaus memorial park merupakan lahan pemakaman yang dibuat dengan konsep wakaf. Pemakaman didesikasikan sebagai aset publik dan tidak beriorientasi pada profit. Firdaus memorial park sepenuhnya dimiliki oleh masyarakat dengan bersumber dari wakaf.

Pemakaman ini menggunakan konsep yang asri, ramah lingkungan, nyaman, dan dikelola sesuai dengan syariah. Asri memiliki arti enak dipandang mata atau indah sedangkan raham lingkungan berarti konsep yang dibuat bersahabat dengan alam.

Saat ini, Firdasu memorial park terdapat di beberapa lokasi di Indonesia, diantaranya Cikalong Wetan, Bandung Barat, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bandung.

Biaya Pemakaman di Firdaus Memorial Park

Dengan 25 juta rupiah kamu sudah dapat berwakaf di Firdaus Memorial Park. Selain itu, kamu juga perlu membayar biaya operasional sebesar 10% untuk biaya operasional. Dengan wakaf 25 juta, kamu sudah mendapatkan 1 kavling makam untuk pewakif. Makam yang diperoleh memiliki dua lubang dan dapat menampung enam jenazah.

Selain itu, kamu juga sudah menyediakan makam untuk dhuafa, wakaf produktif, berpartisipasi dalam sembilan program wakaf yang dikelola FMW dan layanan pemulasaraan jenazah.

Wakaf juga dapat dijadikan sebagai amal jariah karena selain untuk dhuafa, 9 in 1 wakaf yang dimaksud diantaranya adalah

  1. Wakaf Produktif,
  2. Wakaf Sumber Air,
  3. Wakaf Kuttab Al Fatih,
  4. Wakaf Pesantren Yatim,
  5. Wakaf Integrated Farm,
  6. Wakaf Qardh,
  7. Wakaf Masjid Dan Pesantren ,
  8. Pembangunan Rumah Sakit Wakaf dan
  9. Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park.

Pemakaman di Firdauz Memorial Park untuk Jenazah Positif Covid-19

Saat ini, Sinergi Foundation juga telah menyediakan pemakaman khsusus  untuk warga yang meninggal karena Covid-19. Hal ini juga diambil sebagai langkah terhadap aksi penolakan yang dilakukan warga terhadap jenazah Covid-19. Setidaknya terdapat satu blok lahan dengan 10 kavling berdaya tampung 60 jenazah yang saat ini dapat digunakan.

Sinergi Foundation yang merupakan lembaga yang dimiliki publik dengan pemakaman berbasis wakaf membuatnya terpanggil untuk menyediakan lahan dan prosesi pemakaman jenazah yang terinfeksi virus Corona. Pemakaman yang dilakukan untuk jenazah positif Covid-19 juga mengikuti protokol pemakaman.

Lokasi pemakaman harus berjarak 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan sebagai sumber air minum. Selain itu, lokasi juga berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga. Penguburan jenazah juga dilakukan sekurangnya 2,5 meter dan ditutup dengan tanah setinggi satu meter.

Saat ini, kamu dapat memilih Firdaus Memorial Park sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk kerabat ataupun orang terdekat kamu. Menjadi taman pemakaman muslim pertama di Indonesia, FMP menjadi tempat terbaik dengan konsep yang asri dan ramah lingkungan.

News Feed