Cara Menulis Cerita Pendek yang Baik dan Menarik

Pendidikan6 views

Cerpen atau cerita pendek memiliki jalan atau alur cerita yang lebih singkat dan sederhana dibandingkan dengan novel. Cerpen hanya berfokus pada satu masalah dan disertai dengan solusinya. Menulis cerita pendek tidaklah sulit jika kamu mau berusaha membuatnya.

Begitu pula dengan cerita pendek dalam bahasa Inggris. Membuat cerita bahasa Inggris juga tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dimengerti.

Menulis cerita dalam bahasa Inggris akan membuatmu semakin mahir menulis dalam bahasa Inggris dengan susunan kalimat yang baik. Jika kamu tertarik menulis cerita dengan bahasa Inggris, kamu bisa membaca cara menulis cerita dalam bahasa Inggris berikut.

Menentukan alur cerita

Meskipun cerita pendek, tetapi alur cerita tetap harus menarik seperti halnya novel. Gunakan alur cerita yang sederhana dan tidak sekompleks masalah di dalam cerita novel sehingga cerita ini dapat dibaca dalam beberapa menit saja.

Jangan terlalu banyak perumpamaan

Jika dalam novel kita sering membaca banyak perumpamaan dengan kata-kata yang indah. Pada cerpen sebaiknya tidak menggunakan hal tersebut.

Unsur dalam sebuah cerita

Dalam cerita pendek setidaknya memiliki unsur tema, alur cerita, latar, karakter, dan konflik. Tema adalah ide keseluruhan sebuah cerita. Alur cerita adalah  serangkaian peristiwa dan aksi karakter yang berhubungan dengan konflik utama dalam sebuah cerita.

Latar dari sebuah cerita pendek dapat terbagi menjadi 3 bagian: latar tempat (place) dan latar waktu (time). Karakter merupakan tokoh utama yang diceritakan pada cerita pendek. Konflik adalah permasalahan yang ada dalam cerita pendek.

Itulah cara menulis cerita pendek yang bisa kamu coba. Jika kamu mau memperlancar lagi menulis cerita dengan bahasa Inggris maka bisa mempelajarinya lewat kursus bahasa Inggris. Pelajari bahasa Inggris dengan mudah dan seru di EF Adults, kamu bisa merasakan belajar yang menyenangkan dengan para pengajar profesional. Meskipun memasuki usia dewasa, sangat penting untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu. Bergabung di EF Adults sekarang juga untuk meningkatkan skill bahasa Inggris!