by

Cara Pesan Tiket Pesawat Online

Sebenarnya untuk proses pesan tiket pesawat yang dilakukan secara online sangat mudah dan tidak ribet. Konsepnya adalah cari – pesan – bayar – terbang. Selain mudah di dalam proses pemesanan juga tidak perlu mengantri dan tidak perlu langsung datang ke bandara. Hal inilah yang membuat orang-orang lebih memilih untuk memesan tiket pesawat secara online.

Jadi, memesan tiket secara online akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu mudah dilakukan sewaktu-waktu dan dimana saja. Apalagi jika Anda termasuk ke dalam kategori orang yang sibuk pada kerjaan. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimanakah cara memesan tiket pesawat secara online, simak penjelasan berikut ini.

2 Cara Pesan Tiket Pesawat Online dengan Cepat dan Mudah

Pemesanan sesuatu barang yang dilakukan secara online sangat mudah. Tinggal mengikuti petunjuk yang ada. Begitu pula dengan pemesanan tiket pesawat. Terdapat 2 cara pesan tiket pesawat yang dilakukan secara online dengan cepat dan mudah, antara lain yaitu:

  • Melalui Website dari Maskapai Penerbangan

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika memesan tiket pesawat jika Anda telah memiliki maskapai penerbangan favorit yaitu melalui website resmi dari maskapai penerbangan tersebut. Hal yang perlu diperhatikan sebelum mencari tiket adalah pastikan bahwa maskapai pilihan Anda tersebut mempunyai rute penerbangan yang akan Anda cari.

Seperti misalnya rute penerbangan dari Yogyakarta menuju ke Banjarmasin. Cara untuk melihat apakah maskapai yang Anda pilih tersebut mempunyai rute penerbangan yang Anda cari yaitu dengan melihatnya pada Website Direktoral Jenderal Perhubungan Udara.

Sesudah Anda merasa yakin bahwa maskapai pilihan Anda tersebut mempunyai rute penerbangan menuju ke kota tujuan, berarti Anda siap untuk mengikuti panduan mengenai bagaimanakah cara memesan tiket pesawat secara online melalui website resmi dari maskapai penerbangan. Sebaiknya Anda juga melihat informasi mengenai jadwal penerbangan.

Berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda coba terapkan ketika memesan tiket pesawat secara online melalui website dari maskapai penerbangan, diantaranya yaitu:

  • Mengunjungi website resmi dari maskapai penerbangan yang Anda inginkan. Seperti contohnya adalah website resmi garuda-indonesia.com. Setelah itu bukalah halaman reservasi tiket pesawat.
  • Jika sudah, maka akan muncul form pencarian penerbangan. Pada form ini Anda akan diminta untuk memasukkan berbagai macam kriteria tiket pesawat yang akan Anda pesan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mempunyai kode promo, maka bisa Anda pakai untuk memperoleh potongan harga.

Ikuti sosial media dari maskapai penerbangan untuk memperoleh informasi penting mengenai promo terbaru. Sesudah Anda merasa yakin dengan pesanan Anda tersebut, langkah selanjutnya adalah silahkan klik tombol “cari penerbangan”.

Lalu tunggulah beberapa saat. Kemudian akan muncul jadwal penerbangan serta tarif harga yang tersedia. Pilihlah yang Anda inginkan. Misalnya yaitu berangkat pada pukul 5:40 WIB dengan rute dari Jakarta dan tiba di Denpasar pada pukul 8:40 WITA. Selain itu juga akan muncul nominal harga yang ditawarkan. Setelah itu klik pilihan lanjutkan.

  • Anda akan diminta untuk mengisi berbagai macam informasi detail terkait tiket pesawat yang akan dipesan. Diantaranya yaitu informasi mengenai nama, telpon rumah, alamat e-mail serta telpon seluler. Untuk khusus bagian Maskapai Frequent Flyer, Anda bisa mengosongkannya.

Sesudah Anda yakin semua data telah terisi dengan benar, kini Anda siap untuk melakukan langkah berikutnya yaitu memilih metode pembayaran. Terdapat dua cara pembayaran yang bisa dilakukan. Diantaranya yaitu pembayaran yang dilakukan secara online menggunakan kartu debet maupun menggunakan kredit.

Pembayaran yang kedua yaitu secara manual menggunakan ATM. Jika melakukan pembayaran menggunakan ATM ada batas pembayarannya yaitu 2 jam sesudah memesan. Hal ini bertujuan agar tiket pesawat yang sudah dipesan tidak di batalkan oleh sistem.

Bagian yang terakhir akan muncul detail pesanan Anda seperti Booking Number. Ada juga detail mengenai panduan pembayaran jika Anda memilih pilihan manual via ATM. Jika sudah selesai, silakan cek email Anda. Pada email ini Anda akan menemukan e-tiket atau tiket elektronik. Setelah itu Anda akan siap untuk terbang.

  • Melalui Suatu Penyedia Layanan Pemesanan Tiket Pesawat Secara Online

Untuk cara kedua pemesanan tiket pesawat sangatlah mudah serta cepat. Hal ini karena penyedia layanan dari pemesanan tiket nantinya akan mencarikan penerbangan yang tersedia dari berbagai macam maskapai pernerbangan. Ada beberapa kelebihan jika Anda menggunakan cara ini.

Diantaranya yaitu tidak perlu repot untuk melakukan pengecekan rute penerbangan dan juga jadwal penerbangan dari maskapai. Terdapat banyak sekali website yang menyediakan suatu layanan pemesanan tiket pesawat secara online. Semua website tersebut pada dasarnya prinsip pemesanannya sama.

Anda hanya perlu menentukan beberapa kriteria tiket pesawat yang diperlukan. Mereka akan mencarikan maskapai penerbangan yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, simak uraian mengenai cara memesan tiket pesawat secara online melalui website suatu penyedia layanan pemesanan tiket pesawat berikut ini.

  • Membuka website penyedia layanan pemesanan tiket pesawat yang Anda pilih. Setelah itu, isikan kriteria tiket pesawat yang Anda perlukan. Contohnya yaitu tiket pulang pergi dari kota Jakarta menuju ke Denpasar yang digunakan untuk penumpang 1 orang dewasa pada tanggal yang Anda tentukan.
  • Kemudian pilihlah maskapai penerbangan serta jadwal keberangkatan. Untuk jadwal keberangkatan bisa pagi, siang, sore ataupun malam. Salah satu kelebihan jika memakai layanan pemesan tiket disini yaitu Anda bisa membandingkan harga serta fasilitas dari masing-masing maskapai penerbangan yang ada. Selain itu, Anda juga bisa melihat detail penerbangan sampai rincian harga. Jika sekiranya Anda telah yakin mengenai pilihan tersebut, maka silahkan klik bagian tombol Pesan Sekarang.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi infomasi pemesan berupa nama, e-mail serta nomor ponsel. Mengenai nama dari penumpang rute internasional harus benar, tepat dan sesuai dengan paspor. Sedangkan untuk rute domestik bisa sesuai dengan KTP, SIM atau paspor. Anda harus bisa memastikan bahwa data yang terisi sudah benar. Setelah itu klik pilihan “Lanjutkan Pemesanan” dan tunggulah beberapa saat.
  • Jika sudah, langkah selanjutnya adalah pilih metode pembayaran. Jika Anda mempunyai suatu kupon diskon atau promo, maka Anda bisa memakainya untuk potongan harga tiket. Lalu lakukanlah pembayaran sesuai dengan metode yang sudah Anda pilih.
  • Setelah itu, silahkan untuk mengecek email Anda. Pada email ini Anda akan menemukan e-tiket atau tiket elektronik pesanan Anda. Jika membeli tiket pesawat secara langsung yang Anda peroleh adalah tiket berupa lembaran kertas, maka jika membeli tiket pesawat secara online yang Anda peroleh adalah tiket elektronik.

Demikian penjelasan mengenai 2 cara pesan tiket pesawat online dengan cepat dan mudah. Pemilihan cara manakah yang lebih mudah adalah tergantung dari setiap individu. Namun, sebenarnya kedua cara tersebut sangat mudah dilakukan. Semoga penjelasan tersebut bisa membantu dan mempermudah Anda ketika akan memesan tiket pesawat secara online.

Comment

News Feed