by

Diet Keto Cara Cepat Mengatasi Berat Badan atau Obesitas

Apakah kalian pernah dengar istilah diet keto?

Diet keto adalah – Sebagai wanita atau pria yang peduli akan penampilan, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya diet keto. Diet keto adalah program diet yang membatasi konsumsi karbohidrat dan gula secara ketat dan menggantinya dengan protein, lemak sehat dan nutrisi lainnya sehingga tidak menyebabkan gula darah naik.

Apakah diet keto bisa menurunkan berat badan dan obesitas?

Diet Keto adalah

Dengan prinsipnya yang membatasi karbohidrat dan gula yang masuk ke dalam tubuh, program diet keto menjadi pilihan gaya hidup yang banyak juga di terapkan oleh para penderita diabetes. Selain dapat menurunkan kadar gula dalam darah, diet keto bisa menurunkan berat badan dan obesitas, menormalkan tekanan darah, juga membuat tubuh dan otak lebih berenergi. Study menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet ini bisa membakar hingga 330 kalori dalam satu hari bahkan di saat mereka beristirahat sekalipun.

Biasanya menurunkan berat badan identik dengan tidak mengkonsumsi atau mengurangi asupan lemak. Tapi dalam diet keto beda. Diet ini justru diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan lemak agar tubuh cepat ramping sekaligus terhindar dari beberapa penyakit berbahaya. Apa iya?

Diet keto adalah diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Jenis diet keto yang paling banyak  di praktekkan di masyarakat adalah Standard Ketogenik Diet (SKD) yang mengharuskan pelakunya untuk mengkonsumsi sekitar 75% lemak, 20% protein, dan hanya 5% lemak. Jauh sekali bukan perbedaannya?.

Pada saat mengurangi karbohidrat dalam jumlah banyak , maka kondisi akan memasuki tahap metabolisme yang disebut ketosis. Di kondisi ini, tubuh akan lebih cepat dan efektif membakar lemak dalam tubuh, dan kemudian mengubahnya menjadi energi . Selain itu, kondisi ini juga akan memicu lemak agar bisa di olah menjadi zat bernama keton di liver, yang berguna untuk memfasilitasi energi buat otak.

Dengan adanya diet keto, tentunya ini menjadi kabar baik buat kita yang ingin kurus secara instan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa  orang-orang yang mengadopsi diet keto bisa mengurangi berat badan hingga 2,2 kali lebih banyak daripada mereka yang mengadopsi diet rendah lemak.

Beberapa manfaat diet keto:

  • Mengurangi peradangan
  • Membuat gen dalam tubuh lebih sehat dengan mengurangi radikal bebas
  • Mencegah serta membantu mengobati kanker, diabetes, epilepsy, alzhemeir, dan penyakit neurodegenerative
  • Mengurangi resiko penyakit jantung

Banyaknya mengkonsumsi lemak sehat kemungkinan mampu mengurangi resiko menderita penyakit jantung. Hal ini di duga karena diet keto menurunkan kadar insulin sehingga produksi kolestrol dalam tubuh juga ikut menurun. Kondisi tersebut akan mengurangi resiko penyakit jantung dan darah tinggi.

Makanan apa saja yang di anjurkan dalam diet keto?

Dalam diet keto disarankan mengkonsumsi makanan kaya akan lemak, seperti:

  • Telur

Telur adalah sumber protein dan lemak hewani  sehat yang tidak hanya kaya akan nutrisi tapi juga sangat membantu program diet

  • Alpukat

Buah alpukat rendah akan gula dan tinggi akan lemak sehat, Serat dan kalium yang membantu menjaga kadar gula darah.

  • Sayur-sayuran

Ada banyak jenis sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, sawi kangkung, selada, cuciwis, kol, daun papaya, daun singkong, dan asparagus. Sayuran tersebut memiliki serat tinggi, rendah kalori sehingga bisa menstabilkan  kadar gula darah

  • Keju

Keju rendah akan gula tinggi akan protein, lemak, dan kalsium sehingga bagus buat diet keto.

  • Ikan

  • Dada ayam, dan

  • Tahu tempe

Comment

News Feed