by

Dokter Spesialis Radiologi: 3 Jenis Pemeriksaan Kesehatan yang Wajib Dilakukan Masyarakat di Usia 20 Tahun Ke Atas

Semakin lama ada semakin banyak penyakit yang muncul dan menyerang manusia, bahkan sebagian diantaranya adalah penyakit-penyakit baru yang belum ditemukan pengobatannya. Sehingga Anda sendiri harus waspada dibandingkan dengan berobat akan jauh lebih baik mencegahnya bukan. Sebenarnya untuk terhindar dari penyakit berbahaya ini sangatlah mudah, yaitu dengan menjaga pola hidup Anda secara lebih baik, asupan makanan yang dikonsumsi ditambah juga dengan rutin melakukan olahraga. Hanya saja jika seandainya penyakit sudah mulai menyerang tentunya tidak ada yang bisa dilakukan secara berobat. Akan lebih kompleks lagi pengobatannya jika sudah terkena penyakit di bagian organ dalam.

Untuk mengetahui penyakit apa yang menyerang organ dalam tubuh tersebut, maka nantinya Anda akan dialihkan ke dokter spesialis radiologi, yaitu mereka yang akan mereka yang akan memeriksa bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan teknologi atau alat canggih tertentu, dilakukan pencitraan untuk mendapatkan gambar pada organ dalam tubuh, jika seandainya terdapat kelainan maka nantinya akan langsung terbaca secara mudah.

Dalam melakukan pemeriksaan radiologi ini sendiri umumnya ada beberapa alat yang dipakai, diantaranya adalah CT Scan, kemudian juga ada pemeriksaan MRI, USG, Rontgen dan masih banyak lagi diantaranya. Hanya saja mungkin tidak semua rumah sakit memiliki sarana dan prasarana tersebut, sehingga terkadang harus mencari rujukan yang tepat yang sudah disertai sarana medis penunjang lebih lengkap.

Sebenarnya pemeriksaan ini sendiri sangat penting ditujukan untuk mengindikasi kemungkinan-kemungkinan penyakit yang menyerang manusia, sehingga jika sudah mulai diketahui kondisi yang tidak normal, maka nantinya pengobatan bisa dilakukan secara lebih optimal, agar penyakit tersebut tidak bertambah kronis. Berikut ini diantaranya jenis-jenis pemeriksaan kesehatan yang wajib dilakukan bagi Anda yang sudah memasuki usia 20 tahun ke atas, yaitu:

  1. Pemeriksaan fisik, termasuk dalam pemeriksaan yang paling dasar dilakukan, dengan tujuan mengetahui apakah berat badan Anda ideal ataukah tidak, sehingga dapat digunakan untuk mencegah beragam jenis penyakit yang mungkin terjadi di kemudian hari, pemeriksaan ini dilakukan dengan mengukur tinggi dan juga berat badan, kemudian dibandingkan apakah memiliki BMI yang normal atau tidak.
  2. Melakukan vaksin, tak hanya anak-anak, melainkan orang dewasa sendiri juga sudah harus mendapatkan vaksin tambahan, karena resiko terserang penyakit berbahaya juga semakin tinggi. Biasanya vaksin-vaksin lainnya yang akan diberikan pada orang dewasa mencangkup vaksin untuk mencegah penyakit hati atau hepatitis, tetanus, meningitis sampai dengan difteri. Pada wanita lebih banyak lagi, diantaranya juga vaksin untuk cegah kanker serviks.
  3. Melakukan pemeriksaan penyakit kelamin dan juga resiko penyakit menular seksual, bagi yang sudah memasuki usia produktif dan juga kerap kali melakukan hubungan seksual, maka ini penting sekali untuk dilakukan, yaitu memeriksa apakah kondisi kelamin dan juga sistem reproduksi tersebut sehat ataukah tidak. Apalagi pada dasarnya memang ada banyak sekali diantara jenis-jenis penyakit menular seksual yang berbahaya, seperti diantaranya adalah HIV AIDS. Setidaknya seseorang harus melakukan pemeriksaan penyakit HIV adalah sekali dalam seumur hidup.

Jika dirasakan kondisi kesehatan yang berbahaya apalagi yang menyerang bagian dalam tubuh, maka nantinya Anda juga akan mendapatkan rujukan untuk melakukan pemeriksaan dalam atau radiologi untuk mengetahui kemungkinan keluhan tersebut. Pilihlah dokter spesialis radiologi terbaik yang dapat mengetahui kondisi tersebut, hingga nantinya diberikan rujukan pengobatan ke dokter terkait yang tepat.

News Feed