by

Ini Dia, Beberapa Cara Mudah Mendapatkan Passive Income

Pernahkan kamu membayangkan bisa tetap mendapatkan sejumlah dana, meskipun bekerja dengan minim atau justru tidak terlihat bekerja? Rasanya menerima pendapatan tanpa harus bersusah payah tentunya sangat menyenangkan, bukan? Alasan ini pulalah yang membuat banyak orang terus berusaha mencari cara mendapatkan passive income.

Passive income alias penghasilan pasif bisa diartikan sebagai penghasilan yang diperoleh seseorang tanpa harus bekerja keras. Bahkan dengan mengetahui cara mendapatkan pasif income, kita bisa tetap mendapatkan penghasilan, meskipun sudah tidak lagi bekerja. Passive income selayaknya gaji yang dapat diperoleh tanpa kita harus bekerja tiap hari.

Memperoleh uang tanpa harus sulit bekerja keras tenunya menjadi dambaan setiap orang. Karena alasan ini pulalah, cara membuat passive income menjadi diburu banyak orang yang semakin menyadari ada batas kemampuan kerja yang terus menurun dari waktu ke waktu seiring bertambahnya usia. Dengan adanya passive income, penghasilan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup dapat lebih terjamin, meskipun nantinya kita tidak bekerja lagi.

Cara Mendapatkan Passive Income

Investasi

Investasi yang dimaksud di sini lebih mengarah ke cara membuat passive income dari paper aset. Investasi sendiri artinya kita menempatkan sejumlah dana di suatu instrumen investasi dengan harapan dananya bisa berkembang lewat imbal hasil, bunga, dividen, ataupun keuntungan dari penjualan paper asset tersebut.

Kamu juga dapat melakukan staking token PTU di aplikasi Pintu. Tergantung pada jumlah PTU yang kamu staking, kamu bisa memperoleh bonus komisi referral mulai dari 5% hingga 35%, dan juga bonus bunga Earn hingga belasan persen.

Selain itu, ke depannya nanti, dengan melakukan staking PTU, kamu bisa mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu gratis kirim aset BTC/ETH/ERC-20 keluar Pintu. Biaya transaksi crypto antar dompet yang berbeda (on-chain) memang kadang menjadi pertimbangan yang penting bagi pengguna.

Melakukan investasi merupakan salah satu cara mendapatkan pasif income yang semakin populer belakangan ini. Soalnya, melakukan investasi di era digital saat ini semakin mudah dengan adanya aplikasi-aplikasi digital sebagai wadah investasi yang bisa diakses lewat gadget. Besaran nilai untuk investasi pun lebih bersahabat sehingga hampir tiap orang dapat melakukan investasi yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang bisa menjadi cara mendapatkan passive income dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jenis-jenis investasi ini pun cocok buat kamu yang mengharapkan pendapatan pasif yang tak memerlukan usaha sedikitpun di masa mendatang.

Menyewakan Properti

Cara mendapatkan passive income yang satu ini memerlukan modal yang cukup besar di awal. Ini mengingat harga properti sudah sangat tinggi saat ini. Namun jika kamu memiliki properti yang tidak terpakai, akan lebih mudah melakukan cara membuat passive income dari penggunaan properti itu kembali.

Kamu hanya perlu menyewakan properti yang kamu punya ke orang lain dengan harga yang sudah disepakati. Nantinya, kamu bisa memperoleh pendapatan pasif dari hasil sewa properti tersebut.

Sebaiknya, kamu tidak membatasi pikiran bahwa cara mendapatkan passive income hanya bisa dengan menyewakan rumah. Properti ada banyak jenis. Membuat kos-kosan beberapa kamar dari sebuah rumah juga bisa menjadi cara mendapatkan passive income yang menjanjikan. Kamu pun bisa menyewakan unit apartemen atau ruko yang umumnya memiliki harga sewa yang lumayan tinggi.

Menjadi Afiliator e-Commerce

Saat ini sudah semakin banyak program afiliasi dari berbagai platform belanja online. Di mana afiliator hanya perlu mempromosikan atau merekomendasikan sebuah produk dan link terkait. Jika ada pembeli yang melakukan transaksi dari link yang kita berikan, nantinya perusahaan akan memberikan sejumlah dana sebagai bayaran ke kita atas transaksi yang terjadi tersebut.

Pekerjaan yang sangat minim usaha ini bisa dikategorikan sebagai jenis passive income dari bisnis. Yang menyenangkannya, kamu bisa melakukan bisnis ini kapan pun dan di manapun sesuka hati. Modal besar juga tidak diperlukan dalam menjalankan usaha ini.

Membuat Buku

Bagi beberapa orang, menulis adalah suatu hobi yang memberi ketenangan dan kepuasan jiwa. Tanpa disadari, menulis juga bisa menjadi cara mendapatkan pasif income yang tidak terduga. Dari hobi menulis, kita bisa membuat buku yang nantinya bisa mendatangkan pendapatan di masa mendatang.

Kita hanya perlu menulis ide kita secara riil dan berusaha menerbitkanya lewat perusahaan penerbit. Nantinya, akan ada royalti jika buku yang kita buat akhirnya diterbitkan. Royalti inilah yang pada akhirnya akan mencetak pendapatan pasif bagi kamu. Namun memang, usaha menerbitkan buku cetak memiliki seleksi yang lebih ketat.

Pilihan lainnya adalah membuat buku untuk dipublikasikan secara online. Saat ini sudah banyak platform menulis yang memberikan pendapatan sesuai jumlah pembaca. Ini bisa menjadi alternatif untuk mencari cara mendapatkan passive income lewat pembuatan atau penulisan buku, bukan?

Ayo download Pintu, aplikasi staking crypto yang bisa kamu temukan di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.