by

Inilah Alasan Mengapa Jam Tangan Rolex Sangat Istimewa dan Mahal

Mengapa jam tangan Rolex begitu mahal? Apa jam tangan Rolex merupakan yang termahal di pasaran? Jawabannya bisa kita temukan jika kita mau melihat sedikit lebih dalam ke perusahaan Rolex. Sebelum mulai beropini, alangkah baiknya jika kita mengetahui tentang hal-hal ini sedikit lebih spesifik.  Tentu, kita semua percaya harus ada nilai tertentu untuk sebuah merek. Nah, untuk kamu yang ingin jual beli jam rolex yang terbaik, IDWX menawarkan berbagai macam Rolex Oyster Perpetual, Daytona, Submariner dan banyak model lainnya yang sesuai untuk berbagai bentuk pergelangan tangan

Rolex adalah contoh yang baik untuk itu. sebelum masuk ke pertanyaan sebenarnya mengapa jam tangan Rolex begitu mahal, kamu juga membutuhkan pengetahuan mengenai latar belakang perusahaan ini.

Nah, ada banyak sekali alasan yang menyebabkan mengapa jam tangan Rolex merupakan hal yang mahal dan istimewa di waktu yang sama. Berikut adalah 10 alasan mengapa jam tangan Rolex dihargai sangat tinggi, bahkan hingga saat ini:  

1. Desain yang Khas

 Jam tangan Rolex membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dirancang oleh desainer terampil yang tak terhitung jumlahnya untuk membuat jam-jam ini menonjol dari kerumunan persaingan di pasar. Sumber daya dan waktu diperlukan karena setiap detail jam tangan Rolex  yang dirancang untuk kesempurnaan tanpa kompromi.  Tingkat kesempurnaan seperti itu membutuhkan pengamatan yang tajam dan perhatian besar terhadap detail. Untuk setiap jam tangan baru, setiap pergerakan jam akan dirancang dan dibuat dengan baik. 

2. Mahalnya Bahan yang Digunakan

 Alih-alih menggunakan baja standar 316L, Rolex menggunakan baja 904L yang membuat jam tangan mereka lebih berkilau, lebih keras dan tahan korosi. Hal ini tentu juga menambah biaya manufaktur mereka karena Rolex juga perlu untuk mengganti sebagian besar mesin dan alat produksinya sambil beralih ke penggunaan baja 904L dalam produk mereka. Rolex menggunakan bahan terbaik untuk jam tangan mereka. Bahkan jika materi yang mereka cari tidak ada, mereka akan menciptakannya sendiri.  Sebagai contoh, baja Oyster dan emas Eve Rose merupakan hasil dari produksi bahan in-house mereka. Usaha yang keras sampai mereka berniat untuk mengembangkan bahan mereka sendiri secara alami membuat adanya peningkatan signifikan dalam harga.   Banyak bahan mahal seperti berlian, emas, induk mutiara, dan bahan mahal lainnya digunakan untuk jam tangan mereka, yang mana meningkatkan harganya jauh lebih tinggi lagi. 

3. Presisi Sempurna

 Pada tahun 1910, jam tangan Rolex adalah yang pertama dari jenisnya untuk menerima Sertifikat Presisi Swiss oleh pusat peringkat jam tangan resmi di Bienne. Selanjutnya, jam dari Rolex juga dianugerahi sertifikat kelas A oleh Kew Observatory di Britania Raya yang hanya diberikan kepada kronometer laut pada waktu itu.  Sejak saat itulah,  Rolex terkenal akan usahanya untuk memberikan produk dengan kualitas dan standar yang luar biasa. 

4. Hampir Seluruh Bahan Pembuatan Dibuat Sendiri

Berjuang untuk mencapai kesempurnaan, setiap bagian dari jam tangan Rolex dibuat di tempat mereka sendiri. Untuk mengelola seluruh proses manufaktur secara in-house, mereka perlu menginvestasikan sejumlah besar sumber daya.  Manajemen setiap bagian dari produksi memberikan mereka kontrol kualitas yang lebih besar dan kemampuan untuk memiliki kontrol penuh atas setiap langkah produksi. Karena produknya yang selalu dijaga dengan ketat, kualitas dan presisi selalu menjadi jaminan utama. 

5. Produk Berkualitas yang Dibuat dengan Tangan

 Jam tangan Rolex sebagian besar dirakit dengan tangan. Meskipun Rolex juga menggunakan robot untuk produksi, mereka membuat robot-robot ini hanya melakukan tugas yang lebih sederhana seperti penyortiran, katalog, dll.  Sebagian besar mesin dioperasikan di bawah pengawasan langsung dari seorang yang terampil. Selain itu, pekerja juga diberi tugas untuk merakit pergerakan dan gelang jam.  Sebelum jam tangan dikirim untuk sertifikasi kronometer, mereka biasanya diperiksa ulang oleh para pekerja yang terampil untuk memastikan kualitas tinggi.