by

Kenali Beberapa Jenis Gangguan Pendengaran Berikut Ini!

Seseorang bisa dikatakan mengalami gangguan pendengaran jika proses mendengarkan tidak berjalan baik. Hal ini sering menjadi penyebab masalah seperti sulit berkomunikasi, sulit menyampaikan informasi, sulit mendapatkan informasi dan masih banyak lainnya. Jika sudah seperti itu pasti seseorang akan sangat terganggu sekali. Keseimbangan dalam hidupnya tidak didapatkan lagi akibat masalah telinga yang muncul. Otomatis harus segera mencari solusi yang tepat seperti apa sebelum tambah parah ataupun lebih menyulitkan lagi dalam keseharian Anda.

Semua masalah kesehatan pasti memunculkan tanda terlebih dahulu sebelum sakit parah. Begitu pula untuk telinga, pasti ada ciri-ciri gangguan pendengaran ringan terlebih dahulu sebelum penurunan pendengaran atau hilangnya pendengaran terjadi. Secara umum ada beberapa ciri orang yang mengalami masalah tersebut seperti:

  1. Merasa telinga aneh dan sakit saat mendengarkan.
  2. Sulit untuk diajak berkomunikasi.
  3. Sulit diajak menyampaikan informasi.
  4. Nyeri pada sekitar telinga.
  5. Sering berdenging atau berdengung.
  6. Suara yang didengar tidak sempurna.

Jika sudah mengetahui beberapa tanda atau gejala seperti diatas Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan. Umumnya dokter akan melihat penyebabnya terlebih dahulu sebelum memberikan solusi. Jika sudah dipastikan, dokter akan memberikan solusi untuk melakukan terapi gangguan pendengaran atau justru menggunakan alat bantu dengar. Tetapi sebelumnya, hal tersebut dilihat dari jenis gangguan terlebih dahulu seperti:

  1. Gangguan sensorineural yang umumnya dikarenakan oleh usia, kebisingan, obat ataupun yang lainnya.
  2. Gangguan konduktif akibat adanya benda asing atau infeksi pada telinga.
  3. Gangguan campuran yang diakibatkan oleh masalah keduanya.

Nah, itulah beberapa jenis gangguan paling umum yang perlu Anda pahami agar terhindar dari masalah gangguan pendengaran. Biasanya jika sudah seperti tersebut oleh dokter THT akan memberikan saran kepada penderita untuk menggunakan alat bantu pendengaran ataupun melakukan terapi sesuai dengan jenis gangguannya. Jika Anda memerlukan ABD bisa langsung menuju Pusat Alat Bantu Dengar Melawai yang melayani dan menyediakan beragam jenis alat. Jadi menggunakan alat dengar atau terapi itu harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Comment

News Feed