by

Makanan Bergizi Baik untuk Kesehatan Orang Tua

Seiring berjalannya waktu serta bertambahnya usia, kita tidak bisa pungkiri bahwa fungsi tubuh manusia akan semakin berkurang. Tapi hal ini bukan berarti orang tua kamu tidak memiliki harapan kehidupan yang aktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hal ini bisa di atasi dengan pemberian makanan bergizi, berolahraga sesuai porsinya, dan lakukan kegiatan positif lainnya, dengan begitu kamu bisa turut menjaga kesehatan orang tua agar mereka bisa berada di berbagai momen berharga di hidup kamu.

Ingin tahu hal apa yang harus kamu lakukan untuk bisa menjaga kesehatan orang tua? Kamu bisa mencari tahu kandungan makanan apa saja yang harus kamu utamakan untuk memenuhi kebutuhan gizi orang tua. Berikut langsung saja simak ulasannya.

Makanan yang Mengandung Protein

Tahukan kamu, bahwa protein mampu meningkatkan masa otot dan tubuh? Hal ini pastinya sangat baik untuk orang tua. Karena orang tua memiliki risiko penurunan kekuatan otot kurang lebih 3% setiap tahunya. Kondisi ini akan menurunkan massa otot dan dinamakan dalam medis sebagai sarkopenia.

Takaran yang tepat pemberian protein kepada orang tua menurut AKG pada pria dengan usia lanjut takarannya adalah 64-70 gram sedangkan untuk wanita dengan usai lanjut takaran protein yang pas adalah 58-60 gram. Protein bisa didapatkan dari makanan daging seperti daging sapi dan daging ayam. Dan untuk protein yang memiliki tekstur lembut bisa berasal dari makan tahu, susu, telur dan ikan.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Mengartikan makanan karbohidrat untuk tubuh sering sekali dikaitkan dengan makanan manis. Padahal, sebenarnya ada jumlah yang wajar yaitu 130 gram per hari serta dari sumber makanan yang bergizi dan baik juga menganjurkan makanan karbohidrat.

Secara umum fungsi dari karbohidrat adalah sebagai sumber energi agar tubuh selalu tetap aktif. Kemudian jika orang tua juga mengonsumsi karbohidrat yang dihasilkan oleh buah dan sayur. Kebutuhan vitamin dan mineral juga bisa memenuhi secara bersamaan. Dan untuk karbohidrat yang dihasilkan dari gandum utuh bisa membantu memenuhi kebutuhan serat dan mendukung kesehatan pencernaan.

Kebutuhan Vitamin dan Kalsium

Untuk bisa mempertahankan otot dan tulang para orang tua membutuhkan lebih banyak vitamin D dan juga Kalsium. Untuk itu banyak dari mereka yang merekomendasikan untuk mengonsumsi susu yang memiliki tinggi protein serta tinggi vitamin D dan Kalsium.

Vitamin D dan Kalsium juga bisa dihasilkan dari buah dan sayuran hijau, ikan salmon, serta dari telur. Jika para orang tua rutin mengonsumsi makanan bergizi nantinya orang tua kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya.

Berolahraga Ringan Tapi Rutin

Setelah kita mengetahui berbagai kandungan nutrisi dari makanan di atas, apakah kamu sudah memiliki gambaran tentang makanan apa yang bisa diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi orang tua.

Bukan hanya makanan untuk bisa menunjang kesehatan para orang tua, tapi kita juga harus tetap mengajak orang tua agar selalu gerak aktif, yang bertujuan  agar oto tetap fleksibel setiap saat, olahraga ringan adalah solusinya, dengan waktu 150 menit setiap minggunya sudah cukup. Namun jika orang tua sudah tidak mampu melakukan olahraga maka bisa konsultasikan kepada dokter terkait apa saja kegiatan yang bisa mendukung gerak aktifnya.

Dengan kita mengetahui makanan bergizi dan hal apa saja yang bisa membantu meningkatkan kesehatan orang tua. Kita bisa mengaplikasikannya dengan mudah nantinya, dan orang tua juga akan jauh lebih menikmati hidupnya dimasa tua ini.

News Feed