by

Pandangan Warga Papua Terhadap Jokowi

Jokowi – Perhatian yang sangat besar yang diberikan oleh Presiden Jokowi kepada daerah papua, terutama peningkatkan pembangunan dan ekonomi di provinsi paling timur Indonesia itu. Hal tersebut telah menyakinkan mereka bahwa jokowi akan memenangkan pilpres 2019 nanti. karena mereka ingin papua disamaratakan seperti provinsi-provinsi lain yang ada di Indonesia.

Masa Jabatan Pertama Jokowi Berkunjung di Papua

Sebelumnya belum ada presiden Indonesia yang dipilih secara demokratis yang telah memberikan perhatian sama besarnya kepada Papua seperti yang dilakukan oleh Jokowi. Karena, saat ia pertama kali menjabat pada bulan Oktober 2014, Jokowi sudah datang dan mengunjungi Papua sebanyak sembilan kali. Jokowi datang dan berkunjung ke papua tidak dengan alasan. belaiau berkunjung ke papua dengan tujuan untuk memeriksa dan mempromosikan proyek-proyek pembangunan yang mualai di rintis di papua.

Adapun program yang telah di jalakan oleh Jokowi untuk kali pertama untuk papua adalah membangun pasar tradisional Pasar Mama-Mama Papua dan Jembatan Holtekamp di Jayapura. Selanjutnya Jokowi meresmikan proyek infrastruktur di Manokwari, proyek listrik di Papua dan Papua Barat, selanjutnya Kapsul Waktu di Merauke, dan masih banyak lagi.

Selain meresmikan proyek-proyek yang ada di papua Jokowi juga memantau jalannya proyek jaringan serat optik, memeriksa fasilitas olahraga di jayapura yang dimanfaatkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Jokowi juga pernah mengendarai sebuah sepeda motor untuk menjelajahi ruas Jalan Trans-Papua yang berada Danau Habema, Jayawijaya.

Kemungkinan Hasil Pilpres 2019 Untuk Jokowi di Papua

Dalam hal ini masyarakat Papua sudah merasakan secara langsung manfaat yang terlah di terapkan oleh program Jokowi selama empat tahun terakhir. Walaupun ada beberapa kritik dari pihak sebelah. Namun, Jokowi telah berjasa mengurangi harga minyak di papua, mampu membangun jalan Trans-Papua, mampu mengatasi kasus Asmat. Serta telah berhasil mempercepat masuknya listrik ke daerah-daerah terpencil di papua dan masih banyak lagi. Bahkan Gubernur Papua Lukas Enembe telah menyatakan dukungannya terhadap jokowi. Ia mengatakan bahwa memilih Jokowi di Piplres 2019 ialah “harga mati” kemudian dengan tegas ia percaya bahwa semua rakayt Papua akan memilih Jokowi 100 persen karena ia sangat mengetahui Papua.

Harapan Dari Rakyat Papua

Semua warga Indonesia pasti akan menginginkan pesta demokrasi yang akan diselenggarakan tahun 2019 akan berjalan dengan adil, damai dan juga transparan, begitu juga harapan yang di inginkan oleh rakyat papua. Akan tetapi harapan yang besar setelah pesta demokrasi selesai mereka mengharapkan pembangunan untuk papua lebih tingkatkan lagi. Supaya papua bisa setara dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia khususnya jawa. Sebelumnya papua selalu di anak tarikan masalah pembangunan, pembangunan yang tidak merata menjadikan papua sebagai provinsi yang tertinggal. Akan tetapi setelah jokowi berhasil menjadi presiden, papua baru bisa mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah pusat. Hal tersebut menunjukkan bahwa Jokowi tidak memandang sebelah manta. Waktu empat tahun dirasa masih begitu pendek untuk bisa membenahi daerah seluas papua. Maka dari itu mereka berharap untuk bisa memenangkan jokowi kembali supa bisa melanjutkan pembangunan khasnya untuk kawasan timur Indonesia.

Harapan yang kedua yang di inginkan oleh rakyat papua adalah mengenai masalah HAM, kita tau untuk sekarang masih belum bisa teratasi. Akan tetapi presiden Indonesia Jokowi telah berjanji bila dia bisa terpilih lagi menjadi presiden indonesia ia akan membenahi masalah HAM yang ada di daerah papua.

Comment

News Feed