by

Segunung Ilmu di Kampung Buku Jogja 2019

Yogyakarta memang tidak pernah sepi dari event-event menarik yang menghibur dan mengedukasi, salah satu yang paling hits tahun ini adalah Kampung Buku Jogja 2019. Event bertema literasi ini tentunya sangat menarik perhatian masyarakat Jogja dan sekitarnya, terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Nostalgia Kampung Buku Jogja 2019

Kampung Buku Jogja atau KBJ adalah kegiatan tahunan rutin yang sudah dilakukan sejak 5 tahun lalu. Gelaran rutin ini selalu sukses menyedot perhatian khalayak umum dari berbagai kalangan, tak terkecuali pada gelaran tahun ke-5 yang diadakan pada awal September 2019 lalu. Semangat besar dari pengunjung adalah salah satu pendorong utama yang membuat Kampung Buku Jogja tetap terselenggara dari waktu ke waktu.

Tak hanya segunung buku, event ini juga memiliki beragam aktivitas menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya adalah talk show, workshop, bazar buku, lelang buku, pertunjukan musik, dan masih banyak lagi. Bagi Anda pecinta buku, mengunjungi event ini adalah satu keharusan. Tidak perlu bingung merencanakan kunjungan ke Jogja, dengan paket wisata Jogja dari Joglo Wisata, Anda bisa menghadiri event-event menarik di Jogja.

Kampung Buku Jogja pertama kali diselenggarakan pada 2015, acara ini terus konsisten dan semakin berkembang hingga sekarang. Kampung Buku diadakan dengan tujuan untuk mengembalikan dan merawat semangat keilmuan kaum muda dalam dunia perbukuan Indonesia. Juga sebagai salah satu bentuk upaya untuk tetap melestarikan kebiasaan membaca di generasi muda milenial sekarang, agar tak kalah dan punah dengan kecanggihan teknologi.

Untuk Anda yang datang ke Jogja dengan paket wisata Jogja, acara ini tentu tidak susah untuk ditemukan. Berlokasi di Universitas Gadjah Mada di dalam Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosumantri (PKKH), para pengunjung KBJ diajak untuk mengenal Indonesia lebih dalam lewat lembaran buku. Event hits ini berlangsung pada tanggal 2 – 5 September 2019 lalu.

Di event ini, Anda bisa menemukan ratusan buku dari berbagai penerbit, genre, dan era. Harga yang ditawarkan sangat bersahabat, karena telah mendapat diskon spesial. Hanya dengan Rp. 100.000 pengunjung sudah dapat membawa pulang satu paket berisi 2-3 buku. Sangat affordable, bukan?

Bazar buku ini juga sukses menggandeng banyak penerbit reguler dan indie, seperti Kendi Publisher dan EA Books. Sejumlah publisher ternama juga akan Anda jumpai di acara ini, seperti Komunitas Bambu, Toga Mas, hingga Shira Media. Beberapa toko buku langka juga ikut berpartisipasi, seperti Gubuk Sastra, Gerak Budaya, dan Nurmahera. Sejak awal digelar, acara tahunan ini memang ingin menjadi ‘jembatan’ tempat bertemunya ‘orang buku’ dan masyarakat umum.

Kegiatan menarik lain yang bisa Anda lakukan di acara ini adalah belajar di kelas KBJ. Kelas KBJ menghadirkan pembicara-pembicara ternama di bidangnya. Mulai dari kelas menulis buku bersama Irukawa Elisa, kelas prosa bersama Mahfud Ikhwan, kelas kritik sastra bersama Kris Budiman, hingga kelas prosa bersama Mahfud Ikhwan. Sangat sayang jika Anda melewatkan kegiatan satu ini, sebab kelas-kelas yang diisi narasumber kompeten ini tidak dipungut biaya alias gratis. Itu sebabnya kegiatan ini tak pernah sepi pengunjung. Kapan lagi pengunjung mendapat ilmu gratis dari orang-orang yang ahli di bidangnya.

Satu lagi yang tak ketinggalan seru adalah “talk show di tengah acara”. Di tengah lautan buku, kegiatan ini menghadirkan sejumlah pembicara tersohor. Yang pastinya akan membahas tentang dunia literasi.  Ayu Utami, Noe Letto, dan pembicara terkenal lain ikut memeriahkan Kampung Buku Jogja 2019. Untuk Anda yang belum sempat mengikuti KBJ 2019, tidak perlu khawatir, siapkan paket wisata Jogja Anda dan mampirlah ke KBJ tahun depan.

News Feed