by

Tips Agar Janin dalam Kandungan Selalu Sehat dan Kuat

Menunggu kelahiran buah hati adalah waktu yang mendebarkan dimana pasangan orang tua pasti tak sabar untuk segera bertemu dengan si kecil. Untuk menjalani kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar, bukan hanya ibu yang harus berperan aktif namun juga ayah dan anggota keluarga yang lainnya. Di trimester awal misalnya, kemungkinan terjadinya keguguran masih besar sehingga sebisa mungkin menciptakan faktor yang kondusif untuk ibu. Setelah melewati trimester pertama, meski lebih aman, namun ada baiknya kesehatan ibu tetap dioptimalkan agar janin dalam kandungan sehat selalu.

Apa saja yang harus diupayakan agar perkembangan janin selalu optimal, sehingga bayi dalam kandungan dan ibu sehat hingga bisa menjalani persalinan dengan lancar? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa keluarga upayakan:

  • Kontrol ke dokter.

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter ahli kebidanan dan kandungan yang terpercaya. Lakukan usg sedari dini untuk bisa mendeteksi kemungkinan adanya kelainan pada bayi. Dokter juga dapat memberikan saran, obat dan vitamin agar janin tumbuh dengan kuat dan kehamilan menjadi sehat.

  • Jaga asupan makanan ibu hamil.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil nantinya juga akan dikonsumsi oleh janin atau bakal bayi. Oleh karena itu jaga pola makan dengan hanya mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang saja. Hindari konsumsi junk food, saos buatan dengan bahan pengawet serta makanan yang terlalu pedas hingga terlalu asam.

  • Hindari paparan asap rokok dan bahan kimia.

Janin dalam kandungan lebih rentan dibandingkan kesehatan manusia pada umumnya. Oleh karena itu, ibu hamil harus menghindari hal-hal yang negatif yang bisa ikut masuk ke dalam tubuh seperti asap rokok, paparan bahan kimia hingga pengaruh obat-obatan yang tidak aman untuk janin.

  • Olahraga.

Meski hamil, namun bukan berarti ibu tak bisa melakukan olahraga. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, atau melakukan senam ibu hamil agar memudahkan proses persalinan nantinya.

  • Menambah informasi.

Saat hamil, ibu juga sebaiknya banyak membaca buku, browsing hingga bertanya pada teman mengenai kehamilan ataupun persalinan dan cara mengurus bayi baru lahir.

  • Hindari stres dan kelelahan.

Stres merupakan musuh bagi semua kondisi kesehatan karena dapat memicu pengeluaran hormon yang tidak sehat serta reaksi yang negatif dari tubuh. Sama halnya dengan kelelahan sehingga ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengalami stress dan kelelahan.

Itulah beberapa faktor yang bisa Anda upayakan bersama keluarga agar ibu hamil dan janin dalam kandungan sehat hingga menjelang proses persalinan. Perkembangan janin dalam kandungan yang sehat dan optimal akan sangat berpengaruh pada kesehatan bayi setelah dilahirkan sehingga lakukan hal-hal di atas semaksimal mungkin agar tidak menyesal kemudian.

Comment

News Feed